Honda Bikers Yuk Kita Latih Skill Riding Kita



Safety Riding Honda News : Honda Bikers Pelatihan ini pada prinsipnya memberikan informasi mengenai pola dasar mengemudi secara baik dan benar
Rotating Thad

untuk sepeda motor. Pelatihan ini akan dimulai dengan topik “Kenapa Orang Mengemudikan Motor?” yang kemudian berlanjut dengan topik :

· Jenis motor apa yang dikendarain?
· Mengerti dan mengantisipasi bahaya berkendara
· Kontrol Panel pada kendaraan bermotor,

· "Siap Untuk Mengendarai" diantaranya, pemilihan gigi yang sesuai, persiapan mental, pemeriksaan perlengkapan (What to wearHelmet, Sarung tangan, Celana, Sepatu yang sesuai dan mempunyai protektor, Jas Hujan, Goggle (untuk keadaan tertentu), pemeriksaan sebelum berkendara (tekanan ban, oil, bensin, kekencangan rantai).
· Pelatihan dasar berkendara sepeda motor – mengemudi maju, berputar, perubahan gigi dan berhenti.


Pelatihan mengenai sepeda motor motor kemudian berlanjut pada "engine off" training untuk memberikan anda perasaan yang nyaman atas kontrol kendaraan dan keseimbangan yang diperlukan.


Pengenalan pada jenis sepeda motor yang anda kendarai akan memudahkan anda untuk mengendarainya. Perlu pengenalan lebih dekat pada kontrol panel yang ada pada kendaraan bermotor seperti misalnya gear position, rpm meter, bensin indicator, oil indicator dan lain sebagainya. Sebelum anda berkendara perlu pula mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk mengantisipasi segala hal yang terjadi dalam perjalanan. Pemilihan helmet yang tepat, sarung tangan, celana panjang berbahan jeans, katun tebal, persiapan jas hujan, dan perlengkapan lainnya akan meminimise resiko akibat kecelakaan atau hal-hal yang tidak kita inginkan dalam perjalanan.


Kemudian tanda the "start your engines" diberikan dan beberapa latihan diberikan seperti misalnya melalui daerah berbatu, jalanan licin tarmac dan dijalanan tanah/gravel, atau misalnya berkendara dengan cara berboncengan ditengah kemacetan.

Disamping pelatihan mengenai berkendara juga perlu dipersiapkan mental strategy , seperti misalnya resiko memacu kendaraan pada tingkatan kecepatan yang berbeda, cara mengkontrolnya dan akibatnya apabila terjadi kelalaian atau lengah yang mengakibatkan kecelakaan. Pada sesi ini juga akan dibicarakan dengan diskusi mengenai berbalik arah secara tiba-tiba, melakukan pengereman mendadak, cara menghindari bahaya didepan. Misalnya apabila tiba-tiba terjadi kendaraan didepan anda merem mendadak, jalan putus tiba-tiba atau longsor.


Konsep pelatihan berkendara sepeda motor juga membahas mengenai :

· Risk Awareness and Management
· The concepts and physics of Traction Management
· Advanced mental strategies for Street Riding
· Advanced Collision Avoidance Techniques
· Riding gear selection and use
· Body position and control operation
· Braking and Turning
· Counterbalancing and foot peg weighting
· Obstacles and hills
· Off-Road riding strategies

Pada sesi terakhir akan dipresentasikan mengenai penanggulangan kerusakan kecil bila terjadi dijalanan tanpa ada pertolongan dari siapapin seperti misalnya rem yang mendadak rusak, kopling habis, tali gas putus atau tali kopling juga akan disampaikan mengenai efek dari alkohol terhadap sipengemudi.


Pada akhirnya saat praktek akan diadakan riding Pre Assesment dan skill evaluation, yang dilaksanakan pada akhir sesi. Evaluasi ini terdiri diantaranya menilai kendaraan yang dipergunakan, demonstrasi pre trip check inspection dan cara mendemonstrasikan pemahaman dan keahlian berkendara, memproteksi diri saat dijalan.

Pemeliharaan Rutin nih Honda Bikers
Pada sesi ini para peserta diberikan pengetahuan sekilas mengenai mechanical system daripada sepeda motor diantaranya :

· Drive system - Tires, wheels, chain, sprockets, belts or shafts
· Electrical system – bateri, kelistrikan, sekering/ fuses
· Cooling system - Coolant levels (bila menggunakan radiator/hanya berlaku pada merek sepeda motor tertentu.
· Steering and Brakes - Cables, hydraulics, dan cara penyetelannya
· Fuel system - Carburators atau injectors
· Lubrication – Oli dan pemberian Gemuk

Artikel Ini untuk safety riding honda bengkulu

1 komentar:

werdy mengatakan...

ayujuga lah http://sibirumudaku.blogspot.com/

Posting Komentar

 
© 2011 | ardanova | Untuk Templates KompasAQUA