Riding Posture Sebuah Tips Berkendara Yang Aman

Safety Riding Honda Bengkulu -news: Ada sebuah tips yang patut kita implementasikan dalam berkendara motor yang baik dari Astra-Honda terkait masalah berkendara yang aman atau lebih populer dikenal dengan safety riding .Nah Honda Bikers misalnya dalam melakukan teknik ngerem, bukan semata fokus pada bagaimana menarik tuas rem. Penting juga bagi kita para Honda Bikers diperhatikan postur berkendara alias riding posture. Nah, menurut informasi yang di dapat dari Astra-Honda mengenai Riding posture, Riding posture itu berfungsi menjaga keseimbangan dan kenyamanan dalam berkendara. Dengan Riding Posture yang benar membuat pengereman sepeda motor ngepot, begitu juga saat melakukan manuver atau berbelok. 
Ada sebuah pendapat dari ketua instruktur safety riding yaitu PT AHM, Anggono Iriawan, beliau berpendapat bahwa ada7 (tujuh) riding posture yang mesti diketahui. Yakni; 1. Mata, 2. Pundak, 3. Siku, 4. Tangan, 5. Pinggul, 6. Lutut, 7. Kaki.

  • Nah Honda Bikers kenapa salah satu riding psture yang perlu diperhatikan adalah mata? karena tak lain dengan kepekaan mata kita dalam berkendara kita dapat menghinari objek yang akan kita lewati yang kira-kira dapat menghambat kita saat kita berkendara
  • Lalu bagaimana dengan pundak ? nah kalo ini biar kita tidak cepat lelah dalam berkendara alias letih-letih para Honda-Bikers, sehingga pundak kita harus dibuat serileks mungkin, jangan tegang karena itu akan membuat kenyamanaan kita saat berkendara kurang
  • O ya Honda Bikers Bukan cuma itu, Sudut siku yang lurus juga bisa bikin susah pengendara dalam melakukan manuver. Gerak setang ke kiri dan kanan pun akan terlihat kaku jadinya.
  • O ya beliau jiga menbahkan bahwa Sudut siku idealnya 120 derajat, dengan begitu, pegangan tangan ke setang jauh lebih kuat. Dan tentunya juga, tidak membuat badan jadi gampang pegal,” tambah instruktur yang pernah ikut kursus safety riding di Jepang ini(wow keren ya kursus di Jepang para Honda Bikers!)
  • kalo mengenai Jari tangan, usahakan jari tangan memegang bagian tengah dari grip, dengan demikian akan memudahkan pengendara mengoperasikan handel gas, rem, kopling, sakelar dan switch lainnya.
  • nah ini tips yang terakhir Honda Bikers  yaitu Pijakan rem dan perseneling harus tegak lurus dengan kaki. Ini untuk antisipasi, ketika terjadi pengereman mendadak. Dengan begitu pengendara bisa langsung injak tuas.  
Selamat Mencoba ya teman teman Honda Bikers. jangan lupa kunjungi http://www.astra-honda.com sebagi referensi gw dalam menulis artikel ini.Artikel ini untuk Safety Riding Honda Bengkulu

1 komentar:

werdy mengatakan...

thx infonya gan

Posting Komentar

 
© 2011 | ardanova | Untuk Templates KompasAQUA